Keunggulan DOHC 4 klep Satria FU dibandingkan motor SOHC 2 klep

Keunggula 4 klep satria fuSUZUKI SATRIA FU memakai teknologi canggih pada sistem penggerak katup/klepnya yang bernama DOHC (double overhead camshaft) tampa temlar (rocker arm). Teknologi DOHC jika diartikan secara sederhana adalah 2 noken-as (cam) yang posisinya ada di kepala silinder, sehingga antara penggerak klep (noken-as) masuk dan keluar di buat terpisah. Sehingga pada SUZUKI SATRIA FUsusunan klepnya  berbentuk V tampa bantuan rocker arm. Dan bentuk ruang bakarnya akan lebih sempurna.

Apa saja keunggulan 4 klep teknologi DOHC SUZUKI SATRIA FU jika dibandingkan dengan motor 2 klep konvensional :

1. Berkurannya kehilangan tenaga yang disebabkan gesekan antar komponen pada kelengkapan rocker arm. Perangkat rocker arm mengakibatkan kerugian tenaga akibat gesekan yang cukup besar. Sehingga pada mesin motor modern yang memakai noken-as tunggal dan cuma memakai 2 klep, perangkat rocke-arm (temlar) ditambahi roller untuk mengurangi kerugian tenaga akibat gesekan. Lain halnya pada SUZUKI SATRIA FU 150 yang tidak memakai perangkat rocker-arm, Poros bubungan (noken-as) langsung menumbuk klep tampa perantara temlar.

2. Karena proses kerja mesin yang biasanya melewati proses kerja temlar, dipangkas langsung dari noken-as ke klep. Mengakibatkan tenaga yang dihasilkan lebih cepat, sehingga akselerasi motor lebih cepat dibandingkan motor yang menggunakan teknologi SOHC (single overhead camshaft) 2 klep.

3. Dengan kapasitas mesin sama, teknologi DOHC 4 klep, klep yang digunakan lebih ringan dari motor SOHC 2 klep. Sehingga per klep dapat dibuat lebih lembut dan lebih ringan, agar tenaga yang dihasilkan lebih besar dan akselerasi lebih ringan.

4. Aliran udara pada motor yang mamakai klep 4 klep di tiap silinder 20% lebih baik dibandingkan motor yang memakai 2 klep. Jika aliran udara yang masuk dan keluar dari ruang bakar lebih baik, secara otomatis tenaga motor juga akan meningkat.

About these ads
    • mamad
    • Mei 13th, 2012

    hidup ksatria …

      • smcjember
      • Mei 15th, 2012

      endak rah, sampeyan iku skywaver’s opo shoguner’s opo ksatria. Kabeh motor SUZUKI duwe…
      Wuakwkwkwkwwkk

  1. bisa cgk klo fu tu di buat 225 cc nmun hnya memakai 2 klep

  2. mas kalo satria thailand memakai berapa klep?

    • Arif
    • Desember 12th, 2012

    Apakah pmsangan nokn as dngn rntae kmrat salah 1 mata saja itu mtor g kn hidup,,,???

  3. apa bila kuku yg semacam batre jam. tidak d pasang,,
    dya mau juga gk ada tenaga nya yha mass …??

    • ruffy bette
    • September 29th, 2013

    klo pir klep fu di buat lembut / ringan efeknya di putaran tinggi terjadi floating, dimana klep tidak tertutup rapat saat putaran tinggi
    efeknya tenaga akan bekurang karena klep tdk tertutup sempurna kompresi akan berkurang pastinya

    • Yang pasti, semua sudah diukur dan diteliti oleh pakarnya di pabrik SUZUKI

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: