Camshaft

Camshaft Laskar SUZUKI

Camshaft atau  sering disebut noken-as adalah suatu komponen mesin yang tugasnya untuk menekan valve agar membuka sesuai dengan langkah motor, kadangan pula camshaft (poros cam) berfungsi sebagai pompa cairan pendingin radiator, penggerak platina, pengatur distributor pengapian dll . 

Letak Camshaft yang pertama berada diatas kepala silinder atau biasanya disebut Overhead Camshaft (OHC) dan posisi yang kedua berada di dekat Crankshaft atau kruk-as atau biasanya disebut dengan Overhead Valve (OHV).

Kelebihan dari camshaft yang berada di kepala silinder (OHC) adalah camshaft dapat menekan langsung valve ataupun dibantu dengan rocker-arm, sedangkan kekurangannya adalah karena posisinya yang berjauhan dengan crankshaft, maka diperlukan rantai penghubung yang lumayan panjang untuk menghubungkan camshaft dan crankshaft. Sedangkan kelebihan dari camshaft yang berada di dekat crankshaft (OHV) adalah penghubung antara camshaft dan crankshaft tidak terlalu panjang, kadang juga cukup memakai penghubung gir saja, kekurangannya adalah karena posisi camshaft berjauhan dengan valve, maka diperlukan push-rod untuk menekan rocker-arm, sehingga rocker-arm menekan valve.

OHV OHC

Bentuk camshaft menentukan tinggi rendahnya bukaan valve dan juga lamanya atau durasi dari bukaan valve. Pada motor modern bentuk camshaft bermacam – macam, tetapi kebanyakan bukaan valve di percepat dan menutupnya dibuat agak lama dan halus. Tetapi jika valve terlalu cepat membuka juga beresiko terjadi tabrakan antara payung valve dan piston. Jadi profil dari camshaft sendiri harus dirancang sedemikian rupa agar performa motor menjadi besar tanpa menimbulkan keausan yang berlebihan pada komponen mesin.

Iklan
  • Trackback are closed
  • Komentar (0)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: