Valve Spring

Engine-Valve-Springs Laskar SUZUKI

Valve Spring atau per klep berfungsi untuk menahan valve pada saat kondisi membuka, selain itu valve spring berfungsi sebagai komponen pengembali valve ke posisi semula. Fungsi valve sangatlah vital dan kekerasannya disesuaikan dengan berat valve dan seberapa cepat putaran mesin. Karena jika tidak sesuai dengan berat valve dan putaran mesin, maka performa mesin motor tidak akan maksimal.

Bang admin sarankan penggunaan valve spring disesuaikan dengan rekomendasi sesuai standar pabrikan motor, kecuali khusus untuk motor yang digunakan untuk balap.

Penggunaan valve spring yang terlalu lemah mengakibatkan valve terlambat kembali ke posisi semula, alhasil tenaga motor akan menurun karena kebocoran kompresi. Selain tenaga motor menurun, payung valve akan seperti melayang atau melompat – lompat karena tekanan dari valve spring kurang.

Lain halnya jika valve spring telalu keras atau kuat, maka akan terjadi keausan yang sangat cepat pada camshaft dan rocker-arm. Keausan camshaft dan rocker-arm terjadi karena komponen tersebut dipaksa melawan kekuatan valve spring yang terlalu keras.

Double Valve spring Laskar SUZUKI

Seiring dengan kemajuan teknologi otomotif, valve spring ada yang dibuat dobel ada spring valve yang berukuran besar dan ada yang berukuran kecil diposisikan didalam spring yang berukuran besar, kekuatan kedua valve spring tersebut juga berbeda, sehingga pada saat valve spring menekan valve ke posisi semula terasa lebih halus dan valve floating tidak terasa. Selain itu suara mesin akan menjadi halus karena benturan antara payung valve dan dudukannya lebih smooth.

Iklan
  • Trackback are closed
  • Komentar (0)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: