Valve – Klep

valve laskar suzuki

Valve atau klep atau juga sering disebut katup berfungsi sebagai pintu masuk campuran udara dan bahan bakar kedalam ruang bakar dan biasanya disebut valve-in. Sedangkan valve-out berfungsi sebagai pintu keluar untuk gas buang sisa hasil pembakaran. Diameter payung valve-in lebih besar jika dibandingkan diameter valve-out, hal ini bertujuan agar gas murni masuk ke ruang bakar lebih optimal.

Bahan baku dari valve-in sendiri terbuat dari campuran bahan chrom dan silikon, tetapi pada ujung dan dudukan valve diperkeras agar lebih kuat dan awet. Dan untuk bahan baku dari valve-out terbuat dari baja pilihan yang mempunyai sifat luncur baik dan untuk payung valve terbuat dari baja tahan panas, karena panas payung valve bisa mencapai 800 derajat celcius.

Untuk mensiasati agar payung valve tidak terlalu lebar tetapi campuran bahan bakar dan udara tetap optimal masuk ke ruang bakar, maka dibuatlah 2 sampai 3 valve-in dalam satu ruang bakar, sehingga jumlah total valve menjadi 4 sampai 5 valve . Sudut valve juga sangat diperhitungkan dalam mendongkrak tenaga mesin motor, karena hubungannya dengan bentuk ruang bakar mesin motor itu sendiri.

5 valve laskar suzuki

Valve bisa dihinggapi kotoran yang berasal dari timbunan bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna. Timbunan sisa pembakaran yang tidak terbakar berupa karbon tersebut menumpuk pada valve  dan bisa mengganjal valve itu sendiri. Dan pada akhirnya tenaga mesin tidak optimal karena kompresi bocor. Jika dibiarkan terus menerus, maka valve tidak bisa duduk rapat pada dudukannya sehingga diperlukan skur ulang agar valve bisa duduk dengan rapat.

Iklan
  • Trackback are closed
  • Komentar (0)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: