Piston – Seher – Torak

Piston Laskar SUZUKI

Piston juga sering disebut Torak dalam ilmu teknik Indonesia dan masyarakat awam dan bahasa bengkel sering menyebutnya dengan seher. Piston berfungsi menghisap gas baru, mengkompresi dan membuang gas sisa pembakaran, selain itu piston juga berfungsi sebagai perubah gaya translasi menjadi gaya putar dan merubah gaya tekanan menjadi gaya dorong. Dan ukuran piston dan langkah piston yang menjadi ukuran kapasitas mesin motor dengan rumus volume silinder.

Piston mempunyai bentuk seperti silinder. Bekerja dan bergerak secara translasi (gerak bolak-balik) di dalam silinder. Piston merupakan sumbu geser yang terpasang presisi di dalam sebuah silinder. Dengan tujuan, baik untuk mengubah volume dari tabung, menekan fluida dalam silinder, membuka-tutup jalur aliran atau pun kombinasi semua itu. Piston terdorong sebagai akibat dari ekspansi tekanan sebagai hasil pembakaran. Piston selalu menerima temperatur dan tekanan yang tinggi, bergerak dengan kecepatan tinggi dan terus menerus. Gerakan langkah piston bisa 2400 kali bahkan lebih dalam setiap menitnya. Jadi setiap detik piston bergerak 40 kali bahkan lebih di dalam silindernya. Temperatur yang diterima oleh piston berbeda-beda dan pengaruh panas juga berbeda dari permukaan ke permukaan lainnya. Sesungguhnya yang terjadi adalah pemuaian udara panas sehingga tekanan tersebut mengandung tenaga yang sangat besar. Piston bergerak dari TMA ke TMB sebagai gerak lurus. Selanjutnya, piston kembali ke TMA membuang gas bekas. Gerakan turun naik piston ini berlangsung sangat cepat melayani proses motor yang terdiri dari langkah pengisian, kompresi, usaha dan pembuangan gas bekas.

Karena kinerja piston yang harus kuat tekanan tinggi, tahan temperatur tinggi, mempunyai daya luncur yang bagus dan minim gesekan, dan mempunyai kedisien panas yang kecil, maka dari itu piston dibuat dengan material bagus campuran Almunium, tembaga agar tahan karat, silikon agar pemuaian minim dan nikel agar piston kuat dengan temperatur tinggi.

 

Iklan
  • Trackback are closed
  • Komentar (0)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: