Connecting Rod – Stang Piston

Stang Piston SUZUKI

Connecting Rod atau biasa disingkat dengan con rod adalah setang piston yang berfungsi sebegai penghubung antara piston dan crankshaft, selain itu tugas dari con rod adalah mengubah gerak lurus piston menjadi gerak memutar pada crankshaft dan membangkitkan momen putar pada crankshaft.

Karena tugas dari conrod sangatlah berat maka bahan baku dari conrod terbuat dari baja berkwalitas tinggi yang mutunya diperbaiki misalnya 34 CR MO 4 atau dibuat dari besi tuang. Untuk mesin motor berkapasitas kecil, bahan baku conrod dicampur dengan alumunium agar berat conrod lebih ringan. Kecuali conrod yang digunakan pada balap motor yang biasanya menggunakan titanium yang mempunyai sifat ringan dan lebih kuat.

Stroke up

Banyak sekali kejadian conrod patah atau bengkok saat pemilik motor melakukan modifiksi memajukan posisi bigpen pada crankshaft. Tujuan memodifikasi mesin dengan jalan memajukan bigpen bertujuan untuk memperpanjang langkah piston yang akan berdampak meningkatnya kapasitas mesin motor. Tetapi kesalahan terbesarnya adalah kwalitas conrod tidak ditingkatkan atau tetap menggunakan conrod asli bawaan motor. Padahal semakin besar kapasitas mesin motor maka kinerja conrod akan semakin besar terutama saat menahan dorongan piston saat langkah usaha, melawan kompresi ruang bakar saat langkah kompresi dan terjadi peregangan pada saat langkah hisap, apalagi di tambah ledakan semakin besar di ruang bakar seiring membesarnya kapasitas mesin motor.

Iklan
  • Trackback are closed
  • Komentar (0)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: