Crankshaft – Kruk As

Kruk as

Crankshaft atau biasa disebut Kruk As oleh mekanik dan menurut dunia teknik Indonesia sering disebut poros engkol. Fungsi Crank shaft adalah mengubah gerak satu arah piston menjadi gerak memutar. Seperti halnya connecting rod, crankshaft juga mengalami tekanan dan regangan sehingga dibutuhkan bahan baku khusus agar kuat. Dalam keadaan diam maupun berputar, crankshaft harus mempunyai keseimbangan  maksimal, karena jika crankshaft tidak seimbang maka mesin motor akan bergetar. Maka dari itu terkadang mekanik membalance ulang crankshaft jika mengganti stang piston.

Big pen pada crankshaft berfungsi sebagai penghubung antara stang piston dengan crankshaft. Karena Big Pen sebagai tumpuan utama, maka permukaan big pen lebih dikuatkan dan harus licin untuk mengurangi gesekan dan mencegah keausan yang berlebih.

Crankshaft

Untuk crankshaft sendiri terbuat dari besi tuang dan bentuknya bisa bermacam macam, kadang juga crankshaft dibentuk untuk mengimbangi gerakan piston dan juga kadang dibentuk untuk menaikkan torsi mesin.

 

Iklan
  • Trackback are closed
  • Komentar (0)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: