Cara kerja mesin Motor 2 Langkah atau 2 Tak

Sistem mesin 2 langkah

Mesin motor yang beredar di Indonesia saat ini mayoritas menganut sistem 4 langkah atau 4 tak, tetapi beberapa tahun yang lalu SUZUKI memproduksi motor – motor 2 tak yang mempunyai tenaga besar, seperti : SUZUKI RGR150, SUZUKI RU120, SUZUKI RK110 dan lain sebagainya. Mengapa mesin motor 2 tak lebih bertenaga jika dibandingkan dengan mesin 4 tak..??  Karena setiap kali putaran poros engkol pada mesin 2 tak menghasilkan usaha, berbeda dengan mesin 4 tak yang baru menghasilkan usaha setiap 2 kali putaran poros engkol.

Agar terjadi pembakaran pada mesin motor disyaratkan adanya campuran bahan bakar dan udara yang tepat, adanya tekanan kompresi dan adanya percikan bunga api disaat yang tepat. Sedangkang siklus langkah pada mesin motor ada 4, yaitu langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha (yang menghasilkan tenaga) dan langkah buang.

Yang dimaksud mesin 2 langkah adalah mesin yang mengalami 2 langkah piston atau 1 putaran poros engkol untuk menghasilkan usaha (tenaga).

Pada saat piston bergerak naik dari Bawah ke Atas, mesin melakukan langkah hisap dan langkah kompresi secara bersamaan (lubang masuk terbuka dan lubang buang tertutup). Dan pada saat piston bergerak turun dari Atas ke Bawah, mesin melakukan langkah usaha dan langkah buang sekaligus campuran bahan bakar dan udara yang berada di ruang poros engkol terdorong naik ke ruang bakar untuk melakukan pembilasan gas buang diruang bakar.

Karena ruang poros engkol digunakan untuk menampung sementara gas baru sebelum dipompakan ke ruang bakar, maka pelumasan pada sistem mesin motor 2 langkah dicampurkan bersama bahan bakar atau dipompakan dengan pelumas tersendiri. Lebih detailnya silahkan baca : Pelumasan pada mesin Motor 2 Langkah

Iklan
  • Trackback are closed
  • Komentar (0)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: