Tips Perawatan Rantai Motor

Rantai motor SUZUKIRantai termasuk komponen yang vital. Sebagai penerus daya dari mesin ke roda, perawatan pada Rantai motor sangatlah di perlukan. Tetapi banyak sekali para pengendara motor yang mengabaikan perawatan rantai motor, akibatnya selain rantai cepat aus juga dapat berakibat putusnya rantai motor. Lebih fatal lagi apabila rantai motor terjepit antara swing arm dan gir, bisa – bisa motor berhenti mendadak.Nah sakarang saya kasih tips perawatan rantai motor yang benar.

1. Periksa sambungan rantai.

Sambungan rantai dapat saja terlepas pada saat motor melaju kencang atau di beri beban berat.  Perhatikan posisinya apabila sudah tidak sempurna, cepat ganti dengan yang baru. Dan pada saat pemasangan usahakan jangan sampai terbalik, sebab jika pemasangan terbalik akan mengakibatkan sambungan rantai mudah terlepas.

2. Periksa kekencangan/ketegangan rantai.

Ukur kekencangan rantai motor sesuai dengan anjuran pabrikan motor. Petunjuk ketegangan rantai biasanya ada pada penutup rantai. Kekencangan rantai perlu di perhatikan karena apabila rantai terlalu tegang akan mudah putus, begitu juga sebaliknya apabila rantai terlalu kendor akan mudah terlepas dari gir.

3. Periksa jarak rantai roda dengan penutup rantai.

Penutup rantai dan rantai sering sekali terjadi gesekan yang mengakibatkan bunyi berisik dan rantai tidak lurus. Apabila di biarkan terus menerus akan mengakibatkan rantai cepat aus.

4. Bersihkan rantai.

Jaga kebersihan rantai motor dengan cara mencuci rantai sebulan sekali dengan solar. Setelah bersih berikan pelumas khusus rantai, jangan memberikan oli bekas untuk rantai karena mengandung gram besi sisa gesekan besi pada mesin.

5.  Usahakan penggantian rantai satu set dengan gir.

Penggantian rantai diusahakan bersamaan dengan penggantian gir, ini di maksudkan agar rantai lebih awet. Karena pada rantai baru apabila di pasangkan dengan gir bekas, rantai baru akan menyesuaikan dengan gir lama yang telah aus.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: