Perawatan Rem Motor

Perawatan Rem motor SUZUKI

Perawatan Rem Tromol VS Cakram

Fungsi rem pada motor sangatlah vital, karena apabila rem tidak berfungsi dengan baik akan membahayakan jiwa pengendaranya maupun orang lain. Jika dilihat dari sistem kerjanya, ada dua macam rem motor, yang pertama rem cakram (disk brake) dan yang kedua rem tromol (drum brake). Perawatan rem motor pada jenis cakram berbeda dengan jenis rem tromol. Nah silahkan di simak komponen apa saja  yang harus di rawat.

Rem Cakram (Disk Brake)

1. Bersihkan kotoran yang menyelinap diantara piringan/cakram dengan kampas rem/pad.
Kotoran yang mengendap dan mengering dapat menggores piringan/cakram. Cara membersihkannya dengan cara menyemprotkan air dan udara bertekanan tinggi seperti alat semprot pada pencucian motor.

2. Selalu periksa ketebalan kampas.
Apabila kampas telah menipis, segera ganti dengan yang baru. Di khawatirkan jika kampas rem sampai habis dan dudukan kampas yang terbuat dari besi akan bergesekan dengan piringan/cakram dapat mengakibatkan tergoresnya cakram.

3. Ganti secara teratur minyak rem.
Jangan membiasakan untuk menambah minyak rem, karena minyak rem yang mulai menyusut menandakan mulai tipisnya kampas rem. Ganti minyak rem setiap satu tahun sekali, agar performa dari minyak selalu dalam kondisi prima dan tidak tercampur dengan uap air.

Rem Tromol (Drum brake)

1. Bersihkan kampas rem
Pada rem tromol, apabila rem di penuhi kotoran akan timbul bunyi berdenyit pada rem. Untuk mengatasinya bersihkan kampas rem dengan ampelas, gosok sampai permukaan kampas rem tidak mengkilap lagi.

2. Beri pelumas pada as bubungan
Seringnya as bubungan pada rem tromol macet karena karat dan kotoran yang berakhir dengan macetnya kerja rem. Oleh sebab itu sering-seringlah posros/as bubungan di lumasi dengan gemuk agar tidak macet.

3. Lumasi poros tuas rem.
Karena letaknya yang menyelinap di dalam, sering kali kita lupa untuk memberi pelumasan pada poros/as tuas rem. Jika dibiarkan terus menerus poros rem yang letaknya di kolong mesin akan mengalami korosi dan akan memacetkan kinerja rem

    • isal
    • April 19th, 2012

    gambarnya mana

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: