Deteksi kerusakan pada bagian depan motor

Kerusakan suspensi, roda dan rem depanPada artikel sebelumnya saya telah menerangkan tentang mendeteksi kerusakan komponen motor pada bagian belakang. Nah pada artikel hari ini saya akan menerangkan tentang cara mendeteksi kerusakan pada bagian depan motor. Apa saja gejala – gejala kerusakan yang sering terjadi pada bagian depan motor :

1. Kemudi terasa berat
2. Kemudi tidak mau lurus atau narik sebelah
3. Roda depan goyang
4. Putaran roda berat atau tidak lancar
5. Shock breaker depan terasa keras
6. Shockbreaker depan terasa terlalu empuk / amblas
7. Rem tidak berfungsi/bekerja dengan baik

Nah apa saja komponen yang rusak dan perlu di periksa, apabila terjadi gejala – gejala tersebut di atas..

1. Kemudi terasa berat
• Mur bantalan kemudi terlalu kencang
• Bantalan kemudi/peloran ada yang rusak
• Tekanan angin ban kurang

2. Kemudi tidak mau lurus atau narik sebelah
• Segitiga / T garpu bengkok
• As/poros shockbreaker bengkok
• Periksa kelengkapan roda termasuk bearing
• Bantalan kemudi bagian atas ada masalah
• Rangka motor bengkok

3. Roda depan goyang
• Velg bengkok
• Bearing aus/oblak
• Ban aus tidak rata
• As roda kurang kencang
4. Putaran roda berat atau tidak lancar
• Ada masalah dengan bearing roda
• As roda bengkok
• Piringan/cakram rem bergelombang
• Kampas rem masih baru
5. Shock breaker depan terasa keras
• As/poros shockbreaker bengkok
• Oli shockbreaker terlalu kental
• Tekanan ban terlalu tinggi
6. Shockbreaker depan terasa terlalu empuk / amblas
• Tekanan ban terlalu rendah
• Oli shockbreaker terlalu encer/lama tidak diganti
• Pegas shockbreaker melemah
• Oli shockbreaker berkurang karena kebocoran seal
7. Rem tidak berfungsi/bekerja dengan baik (Rem Cakram)
• Cairan rem kurang
• Kanpas rem/pad kotor atau aus
• Kampas rem/pad terkontaminasi oli
• Rem masuk angin sehingga perlu di bleeding
• Terjadi kebocoran cairan rem
• Piringan/cakram bergelombang/bengkok
• Piston rem macet

  1. Salam Biker’s Bro untuk menjalin silaturahmi antar sesama, salam kenal dari Gombong Motor Community (GMC). untuk lebih lengkapnya kunjungi web kami di http://www.gombongmotorcommunity.com
    kalau boleh tukar linknya
    Trim’s

    • Daniel Armando
    • Juli 3rd, 2016

    Bang mau tanya klo posisi spakbor tidak center/lurus dengan body depan tapi spakbornya tetap lurus dengan stang itu kenapa ya?makasih bang

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: