Merawat aki motor

Perawatan akiMerawat aki (Accu)motor itu sangat penting, tetapi karena letak aki motor yang kadang kala tersembunyi membuat pemilik motor malas untuk merawat aki . Nah hari ini saya akan men-share tentang perawatan aki motor, tapi maaf untuk para master otomotif jika tulisan saya kurang sempurna, maklum masih newbie di dunia otomotif.  

Aki sangat berperan dengan kinerja motor, terutama pada motor yang menggunakan sistem pengapian CDI-DC dan tegangan listrik aki juga wajib terjaga pada motor yang menggunakan fuel injection karena ECM membutuhkan tegangan listrik yang stabil. Aki motor ada dua macam yaitu aki basah dan aki kering, cara merawatnya juga berbeda. Sekarang akan saya share untuk para biker’s semua…….

AKI BASAH
Periksa aki basah setiap 1 bulan sekali, apabila cairan aki berkurang segera tambahkan air aki murni biasanya tutup botolnya berwarna biru. Tambahkan cairan aki sampai pada level yang di tentukan atau sampai sel aki terendam semua, apabila aki di  biarkan mengering akan membuat aki rusak. Dan jangan mengisi air aki melebihi level yang di tentukan alias terlalu penuh, karena akan membuat aki mudah meledak karena tidak ada sirkulasi udara.

Periksa dan bersihkan terminal aki dari timbunan kerak dengan cara menyiramkan air panas ke terminal aki yang berkerak. Untuk mencegah timbulnya kerak pada terminal aki, sobat biker’s dapat menguleskan sedikit grease atau gemuk.

AKI KERING
Aki kering sebenarnya di rancang bebas perawatan, karena kita tidak perlu manambahkan air aki secara teratur. Karena air aki, pada aki kering dibuat seperti gel sehingga tidak ada cairan aki yang menguap.

Untuk tata cara pemasangan dan pelepasan aki adalah
Pemasangan : Pasang terminal positif (+) terlebih dahulu selanjutnya terminal negatif (-)
Pelepasan: Lepas terminal negatif (-)terlebih dahulu selanjutnya terminal positif (+)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: