Merubah lampu depan sistem AC ke DC

Lampu depan Ac menjadi DCBiasanya pada motor bebek (underbone) di Indonesia, Lampu depan atau lampu utama memakai sistem AC (alternating current) dan pada motor sport memakai sistem DC (direct current). Pada sistem kelistrikan AC menganut sistem bolak – balik arus listrik ini dalam 1 detik dapat mencapai 50-60 kali pergantian antara positif dan negatif, dan aplikasi pada motor sistem AC sumber listrik yang berasal dari spool masuk ke kiprok dilanjutkan ke lampu utama/depan. Mengapa harus melewati kiprok, tujuan melewati kiprok adalah untuk membatasi tegangan listrik yang menuju ke lampu agar lampu tidak mudah putus.

Pada sistem kelistrikan DC menganut sistem searah, arus listrik positif mengalir di kawat positif dan arus listrik negatif mengalir di kawat negatif. Keuntungan dari arus listrik DC adalah arus listrik lebih murni sehingga pencahayaan pada lampu depan lebih terang. Aplikasi pada lampu motor sistem DC, arus listrik berasal dari spool menuju kiprok, setelah dari kiprok menuju ke Baterai (AKI) baru di gunakan oleh lampu depan. Fungsi kiprok disini adalah sebagai penyearah  pengisi ulang tegangan baterai (AKI) agar tidak turun atau habis.

Nah bagaimana caranya merubah sistem kelistrikan lampu depan dari sistem AC ke DC dengan melakukan perubahan pengkabelan motor secara sederhana..????

Caranya cukup mudah yaitu dengan cara menambah komponen relay, biasanya pada relay standar motor ada 4 terminal yaitu terminal 85,86,87,dan 30. Terminal 85 dan 86 anda sambung kabel lampu depan, biasanya pada motor SUZUKI berwarna hitam strip putih dan kabel warna kuning strip putih. Untuk mengamankan arus beri diode silikon 1 ampere pada kabel warna kuning strip putih, strip putih pada diode silikon menghadap ke terminal relay. untuk termainal 87 anda sambung kabel yang menuju terminal positif lampu dan terminal 30 relay anda buatkan kabel yang langsung menuju baterai (aki). Dan untuk terminal negatif lampu bisa anda sambungkan langsung ke bodi motor. Selesai……

    • ari
    • Maret 9th, 2012

    dksh gmbr dong biar lebih jelas

    • denny
    • Juni 5th, 2012

    bos kalo pada yamaha nouvo bisa di apliksikan gak yah???

    • Benjut
    • Februari 11th, 2013

    itu berarti sumber listrik lampu dpn ngambil langsung dr aki y????? trs kira2 ntar aki’nya apa gak tekor tuh gan???
    trs kl misal diaplikasikan ke kawasaki Blitz bs g???

    • Adang Blade
    • April 28th, 2013

    Aq pernah aplikasikan di honda blade, kok lampu lama kelamaan redup, trus ga kuat sarter lg, dr pd ganti aki, mending balikin lg ke asal, cuman lampu spidometer n lmp malam/kota/senja, dilangsungin dr aki, dan lampu ganti pk led biar nyalanya menarik
    Tlong penjelasannya, trimz

    • Coba di buat full wave aja bro…..
      Gambar sistem Full Wave

        • Desra
        • September 17th, 2016

        Bro , klo fullwave pke kiprok std gimana bro? Motor satria Ru 120

      • Satria Hiu bang admin pakai standar, masih bisa dipakai….

  1. kiprok tiger, ayo2

  2. thank you gan atas info nya ,, saya mau nyoba rubah sendiri gan

  3. aku sudah nyari artikel ini lama akhirmya ketemu juga triknya bro, terima kasih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: