Komplain Denda Nasabah Leasing Motor

Komplain nasabah LeasingKali ini saya akan membahas tentang banyaknya nasabah leasing motor yang marah – marah  pada saat terlambat membayar angsuran  karena dikenai denda dan pada saat pelunasan motor karena terkena akumulasi denda sangat besar. Sebenarnya hal ini bisa di pecahkan bersama jika sistem pada leasing diperbaiki. Menurut saya hal apa saja yang wajib di koreksi dan di benahi  untuk menekan terjadinya salah paham antara pihak leasing dan nasabah.

1.  Kinerja CMO/sales leasing
Seorang CMO wajib meerangkan kepada nasabah perihal kewajiban nasabah untuk membayar besaran denda yang telah ditentukan apabila nasabah terlambat membayar angsuran. Karena pengalaman beberapa kali orang tua saya kredit motor, tidak pernah di terangkan tentang besaran denda yang wajib di bayarkan apabila terlambat membayar angsuran. Kalau bisa dijelaskan besaran rupiah denda setiap harinya, jangan di jelaskan persentase dari  denda karena kebanyakan orang awam dengan hal persentase.

2. Sistem Pembayaran via POS dan online
Sistem pembayaran via POS dan online (EDC) wajib diatur ulang. Maksudnya agar tidak terjadi penumpukan denda yang tidak di ketahui oleh  nasabah, sebaiknya apabila nasabah terlambat satu hari saja untuk dapatnya di blokir saja. Karena banyak nasabah yang tidak merasa terlambat karena angsurannya masih bisa di terima oleh pihak POS atau tempat pembayaran online (mesin EDC). Dan nasabah baru sadar setelah akan melakukan pelunasan ternyata masih ada denda yang harus dibayar.

3. Kinerja Kasir
Sebaiknya kasir memberitahukan  denda keterlambatan  pembayaran angsuran setiap bulannya, agar nasabah tidak kaget dengan akumulasi denda yang harus dibayar nasabah. Tetapi hal ini juga kadang menjadi masalah karena kadang nasabah tidak terima dengan adanya denda

    • denis
    • April 26th, 2012

    mau nanya… di suzuki itu per harinya dendanya kena berapa??

      • smcjember
      • April 29th, 2012

      Denda keterlambatan angsuran untuk motor 0,5% dari angsuran. Misalnya anguran motor saudara 500.000 rupiah per bulan, berarti denda perharinya 2.500 rupiah. Dan jika tanggal jatuh tempo pembayaran motor anda bertepatan pada hari libur atau hari minggu, wajib di bayarkan sebelum hari libur atau hari sabtunya

    • andik
    • Oktober 3rd, 2016

    mau tanya. untuk angsuran 870ribu berapa denda perharinya bila telat bayar

    • Tergantung finance yang juragan pilih, biasanya sih 2% dari anggsuran per hari

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: