Ganti filter oli motor secara teratur

Penggantian filter oliDimulai pada era SUZUKI Thunder 250 dan FXR 150 yang muncul di Indonesia, motor SUZUKI modern memakai sistem 2 kali penyaringan oli yaitu filter pertama yang terbuat dari kawat kasa dan yang kedua filter oli yang terbuat dari kertas. Untuk filter kawat tidak membutuhkan penggantian secara periodik atau teratur, yang membutuhkan penggantian filter oli secara teratur adalah filter yang terbuat dari kertas. Ini dikarenakan pori – pori dari filter kertas sangatlah kecil, sehingga mudah tersumbat oleh karbon yang dihasilkan oleh oli.

Filter oli yang kotor dapat menghambat sirkulasi oli, jika sirkulasi oli terhambat akan mengakibatkan rusaknya formula oli dan komponen motor. Hal terburuk yang bisa saja terjadi adalah macetnya piston dalam silinder karena pemuaian yang berlebihan. Karena selain sebagai pelumas, oli juga bertugas untuk menyebarkan panas mesin agar tidak terpusat pada satu titik saja dengan cara bersirkulasi.

Tersumbatnya filter oli juga dapat mengakibatkan pompa oli pada motor rusak. Hal tersebut dikarenakan tugas pemompaan oli menjadi berat karena filter oli terhalang oleh kotoran.

Gantilah filter oli motor anda secara teratur setiap 7.500km, agar motor anda awet dan selalu nyaman untuk dikendarai.

Pakailah selalu oli yang penguapannya minim dan jangka waktu penggantiannya lumayan lama. Untuk lebih tahu tentang oli silahkan klik disini..!!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: