Meningkatkan tenaga motor lewat menaikkan kompresi

Banyak cara menaikkan tenaga motor selain menaikkan kapasitas mesin, salah satunya adalah dengan menaikkan kompresi mesin. Menaikkan kompresi banyak dilakukan oleh team balap pada motor pacuannya dan motor – motor sport yang memang di kategorikan untuk kepentingan kompetisi.Menaikkan kompresi motor sah – sah saja dilakukan, asal volume dan kwalitas bahan bakar juga ditingkatkan. Dengan begitu tenaga dan akselerasi dapat meningkat. Ada 2 jenis  rasio kompresi,statis dan dinamis, untuk rasio kompresi statis statis biasanya dipengaruhi oleh volume silinder, volume ruang bakar (temasuk ketebalan paking/gasket) dan untuk rasio kompresi dinamis biasanya dipengruhi oleh desain noken-as dan titik saat klep masuk menutup pada saat akan dimulainya langkah kompresi.Meningkatkan tenaga motor dengan jalan menaikkan kompresi dibatasi dengan kwalitas komponen seperti kepala silinder, piston, luas sirip pendingin dan desain ruang bakar dan yang paling utama adalah kwalitas bahan bakar yang baik .

Dengan perbandingan rasio kompresi tinggi pada puncaknya akan mengakibatkan rusaknya komponen mesin, terutama piston dapat balong karena dihajar kompresi tingi. Dengan rasio kompresi tinggi mengakibatkan tekanan silinder meningkat, yang menghasilkan beban inersia yang lebih tinggi pada komponen mesin. Sehingga umur komponen mesin akan lebih singkat.

Rumus Kompresi statis :

Rumus kompresi statis

b = cylinder bore (diameter)
s = piston stroke length (langkah piston)
Vc = volume of the combustion chamber volume ruang bakar (including head gasket).

Rumus dengan piston Volume
CR=(Vc+(D-PV))/Vc-PV

CR = Compression Ratio
Vc = volume of the combustion chamber (including head gasket).
D = Displacement.
PV = Piston Volume

Mengapa ada rumus piston volume…???
Karena tidak semua kepala piston berbentuk datar, ada yang jenong ada juga yang cekung, malah piston motor SUZUKI tahun 2013 akan di buat bopeng alias bolong2

  1. kalau shogun dikasih piston NPP highdome 5mm gmN? derajat pengapian sdh benar, busi iridium, oktan 95, pj mj naik 17 100, apa masih bs awet kira*?

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: