Langkah yang salah SUZUKI kembali ke motoGP

2015-Suzuki-GSX-RR-MotoGP-race-bike-02Jangan marah dulu, jangan emosi dulu, ini hanya opini dari seorang loyalis SUZUKI yang mempunyai bengkel racing di daerah Bandung dan juga saat ini tengah bekerja di dealer SUZUKI. Tapi menurut bang admin juga ada benarnya opini beliau. Yuk kita kupas lebih mendalam pendapat – pendapat beliau tentang salah langkah SUZUKI kembali ke motoGP.

Inilah opini sang master yang bang admin rangkum dengan bahasa bang admin sendiri….

Kapan SUZUKI kompetitif di motoGP…????
SUZUKI terakhir juara dunia saat Kenny Robert Jr jadi pembalapnya, itupun karena Michael Dohan baru pensiun dan V. Rossi baru masuk di motoGP kelas 500cc. Cobalah berkaca pada Ducati yang motornya tak kunjung kompetitif. Ducati menang pada tahun 2007 itupun karena pembalapnya stoner cara bawa motornya gila dan super nekad. Dan saat itu Honda masih belum menggunakan klep pneumatic. Dan Yamaha saat itu masih meraba-raba settingan motor dari 990cc ke 800cc. Jadi Ducati menang….

Berapa Harga 1 motor yang berlaga di motoGP….????
Harga jual dari 1 unit Honda RC213V berkisar 3 juta EURO atau sekitar 37,5 milyar, jika 1 pembalap punya 2 motor (1 motor utama dan 1 motor cadangan) dan dalam satu tim mempunyai 2 pembalap berarti 37,5 milyar x 4 motor, itupun belum mesin cadangan, biaya riset, gaji kru, gaji pembalap, biaya akomodasi dll yang totalnya bisa mencapai angka trilyun. Mengapa Yamaha tahun 2014 kurang kompetitif, itu karena biaya yang dikeluarkan Yamaha cuma sekitar 3/4 dari yang dikeluarkan Honda.

Terus SUZUKI punya dana berapa untuk terjun di motoGP dan imbal balik ke SUZUKI apa jika berlaga di motoGP, apakah sebanding dengan dana yang dikeluarkan…????
Apakah tidak sebaiknya dana tersebut digunakan  untuk mendevelop SUZUKI GSX-R1000 yang mulai kedodoran di superbike atau juga dana dikucurkan ke Tim world endurance championship yang tahun ini gelar berpindah ke pabrikan tetangga. Dana sebesar itu apa tidak sebaiknya untuk biaya riset motor baru yang akan dilempar ke pasar agar tipe-tipe motor SUZUKI lebih bervariasi atau banyak pilihannya. Coba lihat Kawasaki, meskipun tidak turun di motoGP jualannya tetap kencang dan line-up produknya lebih lengkap dari SUZUKI. Jika tahun depan ikut motoGP, target 2014 berada diposisi berapa dan target juaranya tahun berapa, coba berkaca ke masa lalu dan nasib Ducati, tutur beliau….

Mengapa harus terjun di motoGP, mengapa tidak memperbaiki performa motor yang berlaga di WSBK (superbike) yang nyata-nyata SUZUKI sudah punya nama. Atau memperbaiki tim WEC (world endurance championship) yang selalu juara berturut-turut setiap tahunnya. Atau juga buat dana riset mesin dikelas motorsport 150cc yang banyak digandrungi di Negara-negara Asia.

Inilah opini dari seorang loyalis SUZUKI, yang juga bekerja di delaer SUZUKI, dan beliau juga owner bengkel racing di Bandung, jika anda sependapat atau tidak sependapat dengan beliau, silahkan corat-coret dikolom komentar…..
Tapi kalau bang admin sih, setuju dengan pendapat beliau……

  • Trackback are closed
  • Komentar (15)
  1. “dana terbatas” itu bakal ada imbal baliknya kalo sponsor masuk, open class aja sanggup develop mesin sampe kompetitif karena kucuran dana dari sponsor. prestasi espargaro & vinales pasti bisa mancing sponsor masuk ke tim suzuki, kalo prestasi suzuki taun depan bisa diatas ducati (targetnya brivio taun depan melampaui ducati & tim satelit), taun berikutnya pasti makin banyak sponsor yg masuk. it’s a circle of business dude, ga mungkin suzuki gegabah pilih langkah nekat, pasti ada perhitungan matang di belakangnya..
    tentang develop motor harian sih sebenernya beda “wajan”, sebagai karyawan suzuki semestinya beliau tau masalahnya dimana, tentang proposal yg cuma numpuk di meja prinsipal karena rata2 usulan yg masuk masih “ngekor” style pabrikan sebelah, padahal suzuki dari dulu selalu bikin motor yg memorial, ga gampang dimakan usia, gayanya abadi… panjang deh ceritanya, monggo admin gali lagi cerita dari beliau tentang inside storynya suzuki R2, mungkin bisa jadi tulisan yg bagus di blog ini🙂

    • Mau gali di mana, lah wong chat gak dibalas, PM gak direspon…..
      Ya kita tunggu saja tahun depan bisa kompetitif apa tidak, yang pasti kalau bang admin akan tutup telinga selama setahun ini, karena akan di Bully sama FBH dan FBY jika SUZUKI tidak kompetitif……..

    • bescorpio
    • November 17th, 2014

    untuk saat ini saya setuju hehehe

  2. saya sbnarny senang dengan produk suzuki dari babeh dan saaya memakai mtr suzuki sampai skrg.. tapi knp suzuki sampai skrg kok kurang kompetitif dlm pangSA psr indonesia.

  3. Cocok dananya buat ngeluarin produk baru gsx r150 dan gsx r250 twin

    • sunu
    • April 7th, 2015

    kangen semboyan ” shogun dilawan… “….

    • D’R
    • Mei 1st, 2015

    😀

  4. yaa..gitu kalau serba harus menunggu keputusan prinsipal jepang, motogp langsung jalan.. itu membuktikan suzuki punya dana yang gak bisa dianggap remeh..
    tapi, giliran untuk masukan-masukan dari indonesia sepertinya disimpan dulu baru dipelajari..
    tapi itu tadi, pihak suzuki indonesia harusnya memberi komitmen bahwa produk barunya akan memberikan income penjualan memuaskan..
    jadi kesimpulannya menurut saya pribadi, suzuki indonesia harus berbenah secara totalitas.. lha wong modal dari investor, pengelolanya di indonesia, prinsipal jepang tinggal memberi keputusan menyetujui atau tidak..

    • Yup’s betul banget, sampai2 SUZUKI merugi karena SUZUKI Motor Indonesia terus menurun penjualannya….

      • iya om..
        walau keputusan di prinsipal jepang..
        tapi bukan murni kesalahan prinsipal jepang.. indonesia punya market, jadi pengelola indonesialah yang bisa membawa ke arah mana perkembangan Suzuki Indonesia..

    • Rahmat
    • Januari 22nd, 2016

    Ya kalo menurut ane sih buat mengangkat nama suzuki diajang berkelas kanca motogp. Ingin menunjukan aja bahwa suzuki bisa untuk naik ke podium.
    Agar dipasaran motor dunia suzuki gak jatuh..

    • Hahahahaaaaa………..
      Balapan di dunia bukan motoGP aja gan, masih banyak yang lain….
      Di Eropa dan Amerika motorGP kalah dengan WSBK

  5. Nah hari ini udah 2 race berurutan Suzuki menyodok ke depan, terakhir di Jerez kedua motor Suzuki yg berlaga sudah melewati Ducatti dan semua tim satelit.

    • Agung
    • September 14th, 2016

    Menurut sy anggapan tsb sgt tdk benar bahwa Suzuki sebaiknya tdk kembali ke MotoGp. Justru sy melihat seharusnya sebaliknya, MotoGp adalah kasta tertinggi dari ajang balapan, yg tentunya banyak dilihat& diminati banyak sponsor. Memang sebuah perjudian bermain di MotoGp,tapi sy yakin para petinggi Suzuki sudah memperhitungkan dg sgt2 matang. Hal ini terbukti dg “mulainya” Suzuki meraih juara di Silverstone Inggris melalui Vinales& Aleix msh cukup kompetitive. Dan selama 2 musim berjalan, Suzuki jauh lbh baik daripada Ducati yg “baru” ke arah level juara padahal Ducati lbh lama& lbh terseok-seok daripada Suzuki. Di musim perdananya pun Suzuki sudah menunjukan kehebatannya dg meraih papan tengah ke atas. Dan puncaknya dimusim ini. Blm dimusim2 berikutnya. Dg kehebatan Suzuki di MotoGp,sy yakin tdk lama Suzuki global& bahkan Indonesia akan segera bangkit,karna yg sy blg diawal,Motogp adalah ajang tertinggi pembuktian bagi tim2 pabrikan akan kehebatan& performa produk2nya yg imbasnya akan berefek pada penjualan2nya,sponsor2 juga akan berdatangan yg akan menambah pemasukan bagi tim tsb.

    • Heheheheheeeeeee……..
      Meskipun nanti SUZUKI juara dunia motoGP, kalau cuma 2 tipe motor yang ditawarkan di Indonesia, mana bisa jualan……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: