Butuh Kebijakan Cepat dan Tepat untuk mengatasi Krisis SUZUKI saat ini

GSX-R1000_BLU_L6

Laskar SUZUKI, Saat ini dibutuhkan kebijakan cepat dan tepat untuk mengatasi Krisis SUZUKI Motor Indonesia, hal ini dikarenakan semakin tidak membaiknya penjualan SUZUKI saat ini (menurut data AISI). Seperti kalimat yang saya kutip dari Bpk. Giri Triadmojo tahun lalu, harus ada perbaikan dan sinergi dari hulu sampai hilir agar aliran tidak terhambat. Kalau bang admin tangkap dari maksud kalimat tersebut adalah harus ada kerjasama yang baik antara pihak pabrik sebagai produsen motor dengan dealer – dealer yang bertugas sebagai pendistribusi motor agar sampai ke konsumen. Peran serta media dan iklan juga berpengaruh agar informasi tentang produk baru tersampaikan dengan baik dan benar.

Nah, hubungan yang baik ini akan tercipta jika sama – sama mempunyai semangat dan tujuan untuk memperbaiki kondisi krisis saat ini, bukan saling menyalahkan dan saling tepuk dada kalau tidak ada kami, kalian tidak akan bisa. Bukan yang penting saya kerja, yang penting dealer tetap bertahan meskipun merugi, yang penting tiap bulan dapat gaji meskipun bagaimana kondisi perusahaan dan lain – lain. Tetapi semangat memiliki dan cinta pada perusahaan akan menumbuhkan semangat kerja yang ekstra, bukan kerja yang selalu dihantui bayang-bayang PHK, atau akan tutupnya perusahaan.

Menurut bang admin, langkah yang pertama yang harus dilakukan SUZUKI Motor Indonesia secepatnya adalah penambahan varian baru yang tampilan motornya wajib lebih keren dari motor milik tetangga. Dengan penambahan varian, maka pencinta motor SUZUKI lebih banyak pilihan untuk membeli motor SUZUKI (bukan cuma Satria dan Address yang disodor-sodorkan terus). Dan langkah ini dibutuhkan kecepatan ekstra agar tidak lebih banyak dealer – dealer SUZUKI yang menjadi korban (tutup).

Langkah kedua adalah perbaikan after sales (servis dan penyediaan spare part). Meskipun motor SUZUKI terkenal kuat dan jarang rewel, tetapi kepercayaan konsumen akan lebih kuat jika SUZUKI Motor Indonesia mengembalikan pelayanan after salesnya seperti dahulu yang hampir di temui di setiap kecamatan. Karena yang bang admin ketahui dahulu jaringan 3S SUZUKI lebih menyebar dibandingkan pabrikan tetangga.

Kalau untuk menang balap atau tidak, menurut bang admin pribadi tidak terlalu berpengaruh dengan penjualan, buktinya pabrikan tetangga yang juara dunia motoGP penjualannya juga merosot dibandingkan tahun – tahun sebelumnya. Mendingan banyakin varian yang modelnya familiar sama masyarakat Indonesia, mempunyai daya tahan mesin yang kuat sesuai dengan ciri khas motor SUZUKI dan harga jualnya bersaing dengan pabrikan sebelah.

Mungkin itu saja coretan malam bang admin saat ini, semoga masukan bang admin lebih memberi semangat kepada pada petinggi SUZUKI agar berbuat lebih untuk membangkitkan SUZUKI Motor Indonesia kembali. Dan saya tahu petinggi – petinggi SUZUKI selalu membuka lebar – lebar kritikan dan masukan dari pencinta SUZUKI sekalian.

SUZUKI YARUKI….

 

  • Trackback are closed
  • Komentar (8)
  1. nahkan…….

  2. setuju!
    suzuki harus menghadirkan varian baru biar nggak tenggelam.

    kalo kita liat tren motor belakangan dohc 150 cc, dan motor matic menjadi motor paling laris, bahkan bebek pun yang sudah puluhan tahun eksis, terjepit oleh matic,
    berkaca dari hal tersebut, ane berpikir, seandainya saja suzuki menghadirkan matic sport 150 cc, dohc plus dek dan bagasi luas, (plus behel sebagai ciri khas motor suzuki)
    mungkin modelnya kaya honda city adventure apa ya

    dan…
    ane rasa dek dan bagasi adalah harga mati, karena dengan hal itulah matic sukses mendepak bebek. trus kalo udah brojol, jangan lupa iklannya sering ditampilin di tipi biar dikenal orang. en semoga harga jualnya nggak ketinggian, biar nggak mati prematur kaya (h )Revo AT & (y) Lexam

    tapi itu seandainya saja suzuki sampe berfikir kesitu, seandainya saja …

    • SSS
    • Mei 13th, 2016

    tepat mungkin bisa tapi apakah tambahan cepat nya itu bisa dilakukan oleh SIS?….karena…entah sampai kapan SIS bisa memperbaiki semua sisi apalagi dalam hal update dan refresh produk……….semoga bisa tepat tapi cepat juga………..

  3. Dealer ga bisa disalahin yg disalahin ya petinggi suzuki kenapa varianya sedikit?klo varian banyak dealer juga semangat jualanya hadeeeh ada ada aja dealer selalu siap.menurut saya yg kurang sigap itu ya dari atas lemah banget lambat dan kurang inovatif alias klo saat ini bisa dibilang mati total

    • ivan
    • Mei 18th, 2016

    Sales nya ” WAJIB ” memiliki motor suzuki & cinta pada Suzuki !!!

  4. Sales ” WAJIB ” memakai motor suzuki & cinta ma Produk Suzuki !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: