Strategi Munculnya Produk Baru SUZUKI

GSX-R150

Laskar SUZUKI, Hari ini bang admin ingin mencoba meraba dan menganalisa mengapa SUZUKI Motor Indonesia terkesan selalu lambat dalam meluncurkan motor – motor dengan tipe terbaru. Setelah bang admin mengumpulkan banyak informasi dari berbagai narasumber yang kebanyakan adalah jajaran menejemen SUZUKI Motor Indonesia, akhirnya bang admin mendapatkan gambaran jawaban apa yang menyebabkan SUZUKI Motor Indonesia selalu telat dalam merespon pasar otomotif roda dua di Indonesia.

  1. SUZUKI Motor Indonesia selalu menunggu produk kompetitor untuk muncul terlebih dahulu agar bisa melihat titik kelemahan lawan (motor kompetitor) dan membuat motor yang lebih superior dari segi mesin dan fitur yang akan diusung oleh motor SUZUKI yang akan diluncurkan.
  2. SUZUKI Motor Indonesia menghitung secara cermat biaya produksi motor yang akan diluncurkannya, dengan kwalitas komponen yang lebih baik dari komponen milik kompetitor. Apakah masih ada keuntungan menjual  motor dengan harga yang tidak berbeda jauh dengan motor sekelas milik kompetitor. Jika keuntungannya tipis atau minim pihak SUZUKI tidak akan berani ambil resiko untuk membuat motor tersebut, apalagi market sharenya sangat kecil, kecuali produk Global seperti SUZUKI ADDRESS.
  3. Selain menghitung biaya produksi sebuah motor, SUZUKI Motor Indonesia juga memperhitungkan biaya riset mesin, frame, bodi dan juga pengembangannya. Contohnya meskipun SUZUKI Nex, SUZUKI Let’s dan SUZUKI Address mesin basicnya  sama, tetapi selalu ada pengembangan untuk meningkatkan kwalitas motor SUZUKI dan untuk kepuasan konsumen. Selain bodinya yang berbeda dari ketiga motor matic SUZUKI tersebut, frame atau rangkanya juga berbeda, sehingga setiap membuat motor baru SUZUKI wajib riset frame dari awal lagi, itu juga membutuhkan waktu dan dana yang tidak sedikit. Apalagi SUZUKI terkenal dengan framenya yang sangat stabil untuk cornering.

Nah, setelah semua dihitung mulai dari biaya produksi + Biaya riset + Biaya Ujicoba/tes + Biaya Promosi dan lain sebagainya, masih adakah keuntungan untuk perusahaan dengan target penjualan yang dibidik, dengan syarat harga motor yang akan diproduksi harganya tidak jauh dari motor sekelas milik kompetitor (harga kompetitif)

Untuk itu bang admin ingin memberikan sedikit pencerahan bagi para Laskar SUZUKI bahwa tidak mudah dalam meluncurkan tipe motor baru bagi SUZUKI dengan segala kesuperioran dan kesempurnaanya, apalagi kondisi SUZUKI Motor Indonesia saat ini sekarang sedang sakit. Semua wajib diperhitungkan secara seksama, karena jika produk yang diluncurkan tidak sukses dipasaran akan berakibat memperparah kondisi SUZUKI Motor Indonesia saat ini.

Yuk’s bang admin ajak semua para Laskar SUZUKI untuk mendukung kebangkitan SUZUKI ” The Story Restart

  • Trackback are closed
  • Komentar (21)
    • kang Purbo,ION Soloraya
    • Agustus 9th, 2016

    Yang jls…kurang bisa menangkap pasar. Gitu ajaah..Titik. wkwkwk…

    • choirilmoto
    • Agustus 9th, 2016

    dengarkanlah konsumen

    • mbah kuncung
    • Agustus 9th, 2016

    selain terlalu banyak perhitungan, suzuki indonesia juga harus lapor dulu ke jepang untuk desain produk baru dan dijepang dihitung lagi yang pada akhirnya gak di approve untuk diproduksi

  1. BANGKIT donk suzuki.. seperti era satria 2tak dulu, .. generasi Shogun AWAL..

    • G. ivan
    • Agustus 9th, 2016

    harus nya blogger seperti bang admin ini ,bekerja di internal nya suzuki motor indonesia . so bisa tau apa keinginan konsumen,,sehingga dapat memberikan masukan ke bagian R & D

      • yaruki
      • September 6th, 2016

      sama aja to kang kalo di tolak mentah” sma sono nya,akhirnya kita yang gundah gulana,,,,,
      sampe memble nih nunggu kapan launching….
      ganti rantai thunder 2x kok ya gk kluar”,lama” duit panjeran habis nih buat servis thundie,wkwkwkwkwkwkw

    • ryan
    • Agustus 9th, 2016

    Buat saya desain nomor dua Kualitas mesin harus nomor satu, sampe skr dah 17tahun make motor bandel t250 buat harian. Tapi kl bandit250 reborn, saya siap mendua. Wkwkwk

    • livefree
    • Agustus 9th, 2016

    Prettt ahhh
    Dasare wae ga niat
    Mending gulung tikar sisan genah

  2. Intinya lambat nya karna suzuki indonesia itu sakit dan kurang dana kan.simple.kalau alasan admin 3 itu mah ga masuk ama slogan nyalakan nyali dong .intinya sakit dana ga ada jadi ga ada nyali buat bikin produk.nunggu lawan terus strategi bagus tapi inget kepercayaan konsumen mulai tergerus dan lama kelamaan suzuki dilupakan.jadi buat suzuki semangat ya harus nyalakan nyali beneran .

    • Rus bjs
    • Agustus 11th, 2016

    Klo nanti dsain GSX-R150 nya mirip” gsx1000 ato gsx600 sih ane yakin bisa sukses kaya satria fu..
    Jdi selain power yg mempuni dsain jga harus bener” di perhitungkan secara serius..
    Di jaman sekarang kebanyakan org mau beli motor liat dsain dlu baru mesin..
    Ane harap sih dsing GSX150 ini bener keren dan bisa di terima pasar..
    Untuk headlamp yg rumor nya bakal pke single headlapm ya gpp itu ciri khas moge” suzuki gsx series..
    Lebih bagus lgi sih klo suzuki pke dsain gsxr600 curent 2008.. Atau gsx1000 2015
    Klo gsx600 yg sekarang jujur aja kurang keren..
    Mudah”han ada internal suzuki yg baca komen ane ya min.. Hehe

    • aturaja
    • Agustus 12th, 2016

    Apa Suzuki berani bersaing di bebek 150 lawan Supra GTR dan MX KING. Karena di Indonesia konsumen lebih tertarik dgn model bebek daripada ayago. Alasan simpel,kalo hujan pake ayago kotor semua pakaiannya. Kalo bebek ada pelindungnya,jd celana ga kotor. Contoh Sonix 150 kalah peminat dibanding Supra GTR. Pake lagi model Satria Hiu pasti bisa tempur di bebek 150.

    • Bebek pasarnya makin mengecil, sekarang SUZUKI lagi membidik pasar skuter matic yang lagi gemuk2nya…..

    • sidik
    • Agustus 13th, 2016

    sory bang admin, cuma mau berbagi masukan…… sekarang saya lihat sudah g jaman produk produk baru dibuat dan dimunculkan…….ambil contoh jet tempur f16, produk sama tetapi bisa di upgrade, why not utk roda 2, buat upgrade smash, upgrade shogun. mungkin ini bakalan booming nanti dan akhirnya produksi baru lebih sedikit……motor motor lama makin dicinta pemakaianya karena bisa di upgrade….thanks

    • Market motor bebek makin lama makin kecil, jadi SUZUKI sulit untuk kembali bermain motor bebek lagi…..

        • Rus bjs
        • Agustus 14th, 2016

        Cukup di sayangkan sih min.. Suzuki 2w udh ga fokus di bebek..
        Padahan smash shogun terkenal awat dan bandel
        Mungkin bisa di pertimbangkan buat suzuki 2w buat ngembaliin nama shogun..
        Pke mesin satria fi reborn nama shogun…. shogun150sp?

      • Mudah2an ada…..

    • Kebijakan setiap pabrik tidak sama gan, emangnya pabrik sebelah yang motornya bisa diupgrade dari motor tahun 70’an diupgrade ke motor 2000’an….
      Heheheheeee…… Maaf ini akhirnya bang admin bawa2 pabrikan sebelah nih…..

        • Rus bjs
        • Agustus 20th, 2016

        Market bebek emang mulai kecil tpi msh ada kok.. Apalagi di daerah” perkampungan.. Msh banyak di minati..
        Sya kira msh bsa berjalan lah biar sedikit..
        Jdi nexs shooter facelitf pke nma smash lgi aja..
        Bebek super jga cukup di minati segmenya malah lebih luas muda tua oke.. Memang sih di market ini ada pabrikan besar yg dh main.. Tpi klo susi mau serius bangkit bisa melengkapi produk” ke depanya
        Untuk mengurangi biaya riset.. Sasis mesin satria fi tinggal di rubah aja ke dsain bebek..
        Harga di bawah satria fi..
        Tpi skrng sya lgi nunggu penampakan gsx150 nya min.. Bakal kya apa keren apa enggak.. Klo cocok dsain keren boyong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: