Suzuki Donasikan Unit & Mesin Untuk SMK di Sulawesi & Indonesia Bagian Timur

penyerahan-donasi-di-ambon

Laskar SUZUKI – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sekolah yang di desain untuk mencetak tenaga siap pakai. Namun faktanya banyak dari lulusan SMK yang kompetensinya belum sesuai dengan kebutuhan Industri di Tanah Air. Hal ini menyebabkan banyak lulusan SMK yang menganggur akibat tidak terserap oleh Industri. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi peningkatan jumlah pengangguran di kalangan SMK, dimana pada Februari 2015 berjumlah 1,2 juta orang, dan pada Februari 2016 berjumlah 1,3 juta orang.

para-penerima-donasi-di-ambon

Sebagai salah satu pelaku industri otomotif di tanah air, Suzuki merasa terpanggil untuk ikut berperan serta meningkatkan kualitas lulusan SMK, Universitas dan Politeknik khususnya di bidang otomotif dan juga memperluas kerjasama kami di bidang pendidikan dengan berbagai institusi. Untuk itu, pada bulan November 2016 ini Suzuki kembali menyelenggarakan program donasi pendidikan, dengan menyerahkan sebanyak 24 material donasi yang terdiri dari unit motor dan mobil, mesin dan paket buku training, untuk beberapa sekolah di wilayah Sulawesi dan Indonesia Bagian Timur.

penyerahan-donasi-unit-dan-ambulance-di-makassar

Untuk wilayah Sulawesi, seremoni penyerahan dilakukan pada hari Rabu, 9 November 2016, bertempat di Gedung Juang 45 Makassar. Sebanyak 15 material donasi yang terdiri dari 4 unit mobil, 1 unit motor, 3 mesin, dan 7 paket buku training diserahkan ke 5 SMK yaitu:

  1. SMK Muhammadiyah 2 Makassar mendapatkan 1 unit mobil, 1 mesin dan 1 paket buku training
  2. SMK Tritunggal 45 Makassar mendapatkan 1 unit mobil dan 1 paket buku training
  3. Universitas Halu Oleo mendapatkan 1 unit mobil dan 1 paket buku training
  4. SMK 8 Manado mendapatkan 1 unit mobil dan 1 paket buku training
  5. SMK 5 Makassar mendapatkan 1 unit sepeda motor, 2 mesin dan 3 paket buku training

safety-riding

Sementar itu, untuk wilayah Indonesia Bagian Timur, seremoni penyerahan dilakukan pada hari Jumat, 11 November 2016, bertempat di Politeknik Ambon. Sebanyak 9 material donasi yang terdiri dari 3 unit mobil, 3 mesin, 1 transmisi, dan 2 paket buku training diserahkan kepada:

  1. Politeknik Ambon mendapatkan 1 unit mobil, 2 mesin, 1 transmisi dan 2 paket buku training
  2. SMKN 4 Ambon mendapatkan 1 unit mobil dan 1 mesin
  3. SMKN 1 Sentani mendapatkan 1 unit mobil

 

“Sejak Januari hingga November 2016 Suzuki telah konsisten melakukan program Suzuki Peduli Pendidikan ini. Dengan diberikannya unit mobil, motor dan juga mesin, kami berharap para siswa bisa belajar lebih efektif, tidak hanya teori namun juga langsung praktek menggunakan mesin dan kendaraan sebenarnya. Sehingga ketika lulus, mereka akan lebih siap masuk dalam dunia kerja karena sudah memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri otomotif”. Ujar Ryohei Uchiki, Strategic Planning Department Head.

seremoni-suzuki-peduli-pendidikan-di-makassar

Seremoni penyerahan di Ambon ini, sekaligus sebagai penutup rangkaian acara Suzuki Peduli Pendidikan di tahun 2016. Selama tahun 2016, Suzuki telah menyerahkan sebanyak 213 material donasi ke 56 sekolah yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, yaitu Jabodetabek, Jawa Barat, Bali, Lombok, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi dan Indonesia Bagian Timur. Material donasi yang diberikan terdiri dari 29 mobil, 23 motor, 58 mesin, 3 out board motor (OBM) dan 100 paket buku training. Keseluruhan material donasi tersebut diserahkan oleh PT SIS secara bertahap mulai Januari hingga November 2016.

 

Acara Seremoni donasi di Ambon ini turut dihadiri oleh Assisten Wakil III Walikota Ambon – Romeo Soplanit, SH.  “Keterlibatan sektor swasta di dunia pendidikan sangatlah penting untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang efektif dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan dunia industri di Indonesia. Apa yang dilakukan Suzuki ini sangat memberikan inspirasi untuk peningkatan kualitas lulusan SMK dan Politeknik jurusan otomotif. Harapannya semoga tidak hanya Suzuki yang aktif melakukan kegiatan ini tetapi juga perusahaan lain, sehingga penyerapan tenaga kerja bisa  maksimal”, pungkasnya.

 

Sebagai kelanjutan dari acara donasi unit dan mesin ini, Suzuki juga akan mengadakan training untuk guru bagi sekolah yang menerima donasi di tahun 2016. Acara training guru ini rencananya akan dilaksanakan di tahun 2017. Dengan diadakannya training guru ini, diharapkan agar para guru dapat menguasai lebih mendalam mengenai cara pengoperasian unit dan mesin Suzuki yang ada di sekolah mereka sehingga dapat mengajarkan dengan baik ke seluruh peserta didiknya.

 

Penyerahan 2 Unit Ambulance

 

Pada kesempatan yang sama di Makassar (Rabu, 9 November 2016), Suzuki juga mendonasikan 2 (dua) unit ambulance kepada Pemerintah Kota Makassar sebagai bentuk usaha Suzuki dalam mendukung salah satu program inti pemerintah daerah Makassar yaitu bidang kesehatan.  Walikota Makassar, Ir. H. Moh. Ramadhan Pomanto mengatakan, “Armada ambulance di Kota Makassar memang masih sangat terbatas. Dengan diberikannya dua armada tambahan oleh Suzuki, tentu saja sangat bermanfaat untuk masyarakat kota Makassar. Akan tetapi ada nilai yang lebih besar daripada manfaat tersebut, yaitu rasa kepedulian dari Suzuki yang ikut berpartisipasi memajukan kualitas hidup masyakarat Kota Makassar melalui bidang kesehatan.”

 

Ambulance yang diberikan oleh Suzuki ini merupakan mobil APV yang dimodifikasi menjadi ambulance. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh APV seperti kabin yang lapang dan mesin yang tangguh, Suzuki yakin bahwa APV ini akan bisa membantu serta melayani masyarakat Makassar dalam kurun waktu yang lama.

  • Trackback are closed
  • Komentar (1)
  1. Good job suzuki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: