Pelumasan pada mesin Motor 2 Langkah

Pelumasan Oli Sistem CCI

 

Laskar SUZUKI – Sistem pelumasan pada mesin motor 2 tak berbeda dengan mesin 4 tak. Jika pada mesin 4 cuma ada 1 jenis pelumas yang bertugas melumasi kopling, transmisi dan poros engkol, berbeda dengan sistem  pelumasan pada mesin motor 2 langkah atau 2 tak yang pelumasannya dibagi menjadi 2, antara pelumasan kopling dan transmisi menjadi satu biasa disebut oli transmisi dan pelumasan poros engkol dan bearing poros engkol ikut atau dicampurkan dengan bahan bakar motor dan biasanya disebut oli mesin atau oli samping.

Sebelum di temukan pompa oli mesin, biasanya pelumas dicampurkan bersama dengan bahan bakar. Tetapi SUZUKI mempunyai sistem pelumasan mesin yang modern yang disemprotkan langsung untuk pelumasan silinder dan crankshaft atau lebih dikenal dengan sebutan pelumasan CCI

Cara kerja pelumasan CCI adalah debit pelumas diatur oleh tarikan throttle gas yang talinya dibuat bercabang, satu untuk menarik skep karburator, satu lagi mengatur debit pelumas yang akan dialirkan dari pompa oli. Dari pompa oli, pelumasan CCI dicabang menjadi 2, yang pertama menuju intake manifold untuk pelumasan silinder dan selang kedua untuk pelumasan bearing poros engkol sebelah kanan dan kiri dan terakhir disemprotkan ke bawah piston atau lebih terkenal dengan Jet Cooled.

Oli CCI

Karena pelumasan mesin dicampurkan bersama bahan bakar atau disemprotkan ke ruang engkol yang juga menjadi kesatuan dari siklus mesin 2 langkah, maka oli mesin akan ikut terbakar dan asap yag dikeluarkan berwarna putih. Nah, oli mesin yang dipakai juga berbeda dengan oli transmisi karena oli mesin 2 tak lebih encer dan tidak meninggalkan deposit karbon diruang bakar. Oli transmisi pada mesin motor 2 langkah bisa menggunakan oli multigrade yang biasa dipakai pada pelumasan mesin 4 langkah.

  • Trackback are closed
  • Komentar (0)

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.